Senin, 02 November 2020

Momentum dan Impuls

 Momentum dan Impuls

Dalam Fisika, Momentum didefinisikan sebagai ukuran kesukaran untuk memberhentikan gerak suatu benda. Momentum merupakan besaran vektor. Sehingga besaran ini pasti memiliki nilai dan arah.

Contoh, jika dua benda bergerak dengan kecepatan yang sama, benda A memiliki massa yang besar sedangkan benda B memiliki massa yang kecil. Sesuai definisinya, maka momentum terbesar dimiliki benda A. Hal ini sesuai rumus umumya atau disebut Momentum Linier,  yaitu:
    

Berdasarkan rumus tersebut, maka bisa diketahui bahwa momentum sebanding dengan kecepatan bendanya. Dengan demikian, arah momentum sama dengan arah kecepatannya, selain itu semakin besar kecepatan suatu benda akan semakin besar momentumnya.

Contoh Soal.

Sebuah benda bermassa 60 gram bergerak dengan kecepatan 36 km/jam. Besarnya momentum yang dimiliki benda tersebut adalah….


Impuls 

Impuls (I)  adalah hasil kali gaya impulsif rata-rata (F) dan selang waktu singkat (Δt) selama gaya impulsif bekerja. Impuls merupakan besaran vektor dan arahnya searah dengan arah gaya impuls F. secara matematis, impuls dirumuskan sebagai berikut: 



Hubungan antara Impuls dan Momentum Ada satu dalam hukum newton yang menyatakan bahwa, gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan perkalian antara massa dengan percepatannya. Dapat ditulis dengan rumus berikut:


                                                              F = m × a    


 Apabila kita masukkan ke dalam rumus I = F × Δt maka:


I = F × Δt    


I = m × a (t2 - t1)


I = m × v/t (t2 - t1)


 I = (m × v1) – (m × v2) 


Jadi kesimpulannya, besarnya impuls yang bekerja/mengenai pada suatu benda sama dengan besarnya perubahan momentum terhadap benda tersebut.Jadi kesimpulannya, besarnya impuls yang bekerja/mengenai pada suatu benda sama dengan besarnya perubahan momentum terhadap benda tersebut .


Contoh soal

 Irfan mengambil tendangan bebas tepat di garis area pinalti lawan. Jika dia menendang dengan gaya 400 N dan kakinya bersentuhan dengan bola dalam waktu 0,15 sekon. Tentukan berapa besar impuls yang terjadi?

 Pembahasan : 


Diketahui    F  = 400N

                Δ t = 0,15s   

Ditanya....I ?

Jawab

               I = F × Δ t

                  = 400 × 0,15 

                  = 60 Ns


Selesai mempelajari materi diatas silahkan absen dankerjakan tugas mu disini

https://forms.gle/KpUsA9L3WYTY1NDr5


Semangat Belajar dan jaga kesehatan


KEGIATAN EKONOMI (PRODUKSI, DISTRIBUSI, KONSUMSI)

  Tugas IPAS b. Upik Senin 27 mei 2024 Baca dengan seksama rangkuman materi “Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial” berikut. Lalu Jaw...