Kamis, 21 September 2023

Campuran dan Pemisahan Campuran

 Assalamu'alaikum wr wb Siswa Hebat Soleh/h. Apa kabar ... Semoga  kita semua dalam keadaan sehat walafiat aamiin. 

Sebelum mulai pembelajaran hari ini mari kita awali dengan membaca Bismillahirrohmannirrohim.

Hari ini kita akan membahas tentang Campuran dan Cara Pemisahan Campuran. 

Campuran dan Pemisahan Campuran

 

Campuran

 

Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang nggak mengalami reaksi kimia. Artinya, ketika ada zat-zat berbeda yang digabungkan dan mereka nggak mengalami perubahan komposisi kimia, mereka bisa kita sebut sebagai campuran. 

 

Karakteristik campuran, yaitu:

a.  setiap bahan dalam campuran masih mempertahankan sifatnya masing-masing dan nantinya bisa dipisah kembali.

b.  Karakteristik lain dari campuran adalah komposisinya tidak tetap.

c.   dapat dipisahkan melalui proses fisika.

 

Berdasarkan jenisnya campuran dibagi menjadi dua jenis, Ada campuran homogen dan campuran heterogen.

1.    Campuran homogen adalah campuran yang memiliki komposisi yang seragam di seluruh bagian. Artinya, zat terlarut pada campuran itu tersebar secara merata dan umumnya nggak terlihat lagi. Campuran ini disebut sebagai larutan.  Contohnya, larutan gula dalam air. Gula yang memiliki ukuran < 1 nm akan tersebar secara merata dalam air sehingga butir gulanya nggak terlihat lagi.

2.  Campuran heterogen adalah campuran yang memiliki komposisi yang nggak seragam di seluruh bagian. Artinya, zat terlarut pada campuran itu nggak tersebar secara merata. 

Berdasarkan ukuran zat terlarutnya, campuran heterogen bisa dibedakan menjadi dua jenis. 

a.    Koloid adalah jenis campuran heterogen yang zat terlarutnya memiliki ukuran 1-100 nm. Kita masih bisa melihat atau membedakan zat terlarut dan pelarutnya menggunakan mikroskop ultra. Contohnya, campuran air dan tepung.

b.    suspensi adalah jenis campuran heterogen yang zat terlarutnya memiliki ukuran > 100 nm. Kita bisa melihat zat terlarut pada pelarutnya dengan mata telanjang karena ada partikel-partikel yang nggak tersebar. Contohnya, campuran air dan pasir.

Pemisahan Campuran

Materi yang terdapat di alam, sebagian besar terdapat sebagai campuran. Untuk memenuhi kebutuhan akan zat murni (zat tunggal), dilakukan dengan memisahkan zat murni dari campuran yang dapat dilakukan dengan cara :

1.  Pengayakan Adalah cara memisahkan komponen materi heterogen, berdasarkan perbedaan volumenya.

Contoh :

-  Mengambil  batu pasir dari materi heterogen yang terbentuk oleh batu kerikil dan batu pasir

-  Memisahkan/mengambil beras yang bercampur dengan bekatul

 

2.  Penyaringan (filtrasi) adalah cara memisahkan zat cair, zat padat yang terdapat dalam campuran heterogen. Hasil filtrasi adalah zat padat yang disebut residen dan zat cair disebut filtrat.

Contoh :

·      kita menyaring ampas kopi dari airnya sehingga air kopi tersebut bisa kita konsumsi.

·      Memisahkan santan kelapa dengan ampas menggunakan  filter (saringan )

·      Pada PAM (Perusahaan Air Minum) sebagai bahan dasar air kali. Pada proses awal air kali disaring dengan filter bed, yaitu penyaring terbuat dari lapisan batu pasir merupakan yang paling atas, batu kerikil lapisan ditengah dan yang paling bawah batu besar, air hasil saringan diproses hingga menghasilkan air minum.

 

3.  Kristalisasi adalah Cara misahkan komponen zat pada dan zat cair  dalam materi homogen (campuran homogen), dengan cara memanaskan campuran homogen, tersebut, hingga zat padat membentuk kristal dan zat cairnya akan menguap.

Contoh :

-  Membuat garam dari air laut.  Air laut pada saat pasang dapat dialirkan kedalam tambak (bak yang besar). Waktu air laut surut pintu tambak ditutup, air laut yang ada dalam tambak, kena panas matahari, maka air menguap, terus hingga tambah menjadi kering dan kristal garamnya tinggal dalam tambak.

-  Membuat gula pasir dari Nira (air tebu). Nira dimasukkan kedalam VACUM EVAVORATOR (pesawat penguap hampa udara). Pesawat dipanasi maka air yang terdapat dalam nira menguap dengan cepat, uap air dalam pesawat dikeluarkan dari pesawat dengan cara dipompa, maka yang tinggal dalam pesawat kristal gula.

 

4.  Destilasi adalah memisahkan komponen dari materi homogen (campuran homogen) yang didasarkan pada perbedaan titik didik atau titik cair  dari masing-masing zat yang penyusun campuran homogen. Menurut prinsip destilasi, maka dalam proses destilasi harus menggunakan alat pemanas yang dihubungkan dengan alat pendingin.

    Contoh :

     Memisahkan bensin, solar dan minyak tanah dari minyak bumi. Pengambilan bensin, solar dan minyak tanah yang terdapat dalam minyak bumi didasar pada perbedaan titik cair masing-masing. Proses ini dilaksanakan dengan menggunakan menara destilasi seperti pada gambar. Bensin ke tangki penampungan 170o k   Solar ke tangki penampungan 180o C   Minyak tanah ke tangki penampungan 250o C  Residu ke tangki penampungan aspal.

 

5.  Kromatografi adalah cara pemisahan campuran dengan menggunakan perbedaan daya serap masing-masing zat. Dalam teknik ini, terdapat istilah fasa gerak dan fasa diam.

Contohnya, pemisahan tinta pada kertas kromatografi.

Tinta dari berbagai warna dituangkan pada titik yang sama di kertas kromatografi sebagai fasa diam kemudian kertas tersebut kita celupkan ke dalam air sampai batas tertentu. Air sebagai fasa gerak akan bergerak ke atas dan memisahkan tinta pada kertas sesuai dengan daya serapnya. Tinta dengan daya serap yang kuat akan ikut bergerak ke atas bersama fasa gerak, sementara tinta dengan daya serap yang lebih lemah hanya bergerak sampai titik tertentu. 

 

6.    Sentifugasi adalah cara pemisahan campuran dengan putaran berkecepatan tinggi. Partikel padat yang lebih berat akan turun ke bawah, sedangkan zat cair akan tetap di atas. 

           Contoh pemisahan campuran dengan teknik sentrifugasi biasa digunakan dalam pemisahan darah dari plasma darah. 


alhamdulillah pembelajaran selesai, kita tutup dengan membaca alhamdulillah

wassalamu'alaikum wr wb

 

 

Setelah mempelajari materi diatas silahkan absen dan kerjakan soal pada link berikut: 

KEGIATAN EKONOMI (PRODUKSI, DISTRIBUSI, KONSUMSI)

  Tugas IPAS b. Upik Senin 27 mei 2024 Baca dengan seksama rangkuman materi “Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial” berikut. Lalu Jaw...