Minggu, 12 Juli 2020

KEWIRAUSAHAAN


KEWIRAUSAHAAN
    
  
Apa itu kewirausahaan???  

Wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi. Seorang wirausahawan harus pandai membaca peluang, mengenali resiko, melakukan inovasi kreatif dan pandai mengorganisasi sumber daya yang ada. Wirausaha juga adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa di jual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Pengertian Kewirausahaan
Istilah kewirausahaan (entrepreneur) pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke-18 oleh ekonom perancis, Richard Cantillon.Menurutnya, entrepreneur adalah “agent who buys means of production at certain prices in order to combine them”. Pengertian lainnya menyebutkan kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan risiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi.
  
Wirausaha dan Kewirausahaan



Ø  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
Ø  Wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dan fungsinya untuk melakukan inovasi atau kombinasi-kombinasi yang baru untuk sebuah inovasi.
Ø  Menurut Richard Cantillon (1755), entrepreneurial is an innovator and individual developing something unique and new (wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru).
Ø  Wirausahawan adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan inovatif dalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih sukses.

Kewirausahaan adalah kemampuan seorang manajer resiko (risk manager) dalam mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik itu materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kretivitasnya untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan orang lain.

INPRES NO.4 TAHUN 1995 tentang GNMMK (Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan). Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari menciptakan, menerapkan cara kerja dan teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberi pelayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar.

Pengertian kewirausahaan menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:
• Menurut Robert D.Hisrich, kewirausahaan adalah proses kreatif untuk menciptakan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dengan mengoptimalkan segala daya upaya, seperti mencurahkan waktu, dana, psikologis, dan penerimaan penghargaan atas kepuasan seseorang.
• Menurut Peter F.Drucker , kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Mengidentifikasi Sikap dan Perilaku Wirausaha

a.    Sikap (attitude) merupakan kecenderungan individu untuk merespon dengan     
      cara yang khusus terhadap stimulus yang ada dalam lingkungan. Karena masih dalam bentuk kecenderungan, maka responnya masih tertutup, tidak dapat dilihat langsung. Sikap disebut juga dengan pendirian. Sikap berupa kecenderungan untuk mendekat atau menghindar, positif atau negatif  terhadap berbagai keadaan sosial seperti institusi, pribadi, situasi, ide, konsep dan sebagainya.

 Sikap seorang wirausahawan diantaranya adalah :
1.   Positif Thingking
2.   Berorientasi jauh kedepan, berfikir maju, sikap prestatif,  think for the fiture not the past
3.   Tidak gentar menghadapi pesaing
4.   Sikap selalu ingin tahu
5.   Ingin memberi yang terbaik untuk orang lain
6.   Penuh semangat dan pantang menyerah
7.   Memiliki komitmen yang kuat dan integritas yang tinggi untuk meraih impian

 b.  Perilaku (behaviour)  merupakan hasil dari seluruh pengalaman serta interaksi manusia dengan      lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, sikap dan tindakan. Jadi perilaku            muncul didasarkan atas sikap yang telah diambil.  Ada 2 kelompok perilaku manusia, yaitu:
   1.  Perilaku tertutup, bila respon terhadap stimulus masih belum dapat diamati orang lain (dari    luar) secara jelas. Respon seseorang masih terbatas dalam bentuk perhatian, perasaan,          persepsi,  pengetahuan dan sikap terhadap stimulus yang bersangkutan. 
  2.  Perilaku terbuka, bila respon terhadap stimulus sudah berupa tindakan atau praktek yang        dapat diamati orang dari luar. Respon ini dapat bersifat pasif seperti berpendapat tanpa           tindakan, maupun aktif dengan melakukan tindakan. (https://brainly.co.id/tugas/7264270).

Sikap dan perilaku tidak dapat dipisahkan, sikap adalah mindset atau pola piker atas hal-hal yang dihadapinya sedangkan perilaku adalah tindakan dari kebiasaan atas kebenaran yang ia pegang teguh. 

Perilaku wirausahawan secara individu :
1.      Teguh pendirian
2.      Yakin dengan apa yang dilakukan
3.      Komitmen dan tanggunjawab
4.      Disiplin, jujur dan optimis

Perilaku secara social dan lingkungan : Berpenampilan rapi, berperilaku baik, senang memotivasi,        teladan, pandai bergaul, cakap berkomunikasi
Perilaku dalam pekerjaan : Berorientasi pada tujuan, tidak menunda pekerjaan, tuntas mengerjakan     tugas, selalu ingin berprestasi, kreatif dan inovatif, menyukai tantangan dalam bekerja, selalu  memiliki ide.
 
Setelah memahami materi pembelajaran hari ini, kerjakan tugas pada link berikut  https://forms.gle/TdZPZWo7auq6Fpg7A
Sumber :
http://sapamultimedia.blogspot.com/2018/10/pkk-modul-1-memahami-sikap-dan-perilaku.html
Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI Penerbit HUP, 2018
Modul Produk Kreatif & Kewirausahaan SMK Kelas XI




KEGIATAN EKONOMI (PRODUKSI, DISTRIBUSI, KONSUMSI)

  Tugas IPAS b. Upik Senin 27 mei 2024 Baca dengan seksama rangkuman materi “Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial” berikut. Lalu Jaw...